Mempunyai berat badan ideal merupakan keinginan semua orang sehingga cara untuk menghitung berat badan yang ideal terus dicari. Salah satu cara yang paling mudah untuk menghitung berat badan ideal yaitu menggunakan BMI calculator.

sehat24.com

BMI sendiri adalah singkatan dari Body Mass Index merupakan hitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan tubuh. BMI calculator merupakan metode untuk perhitungan yang mudah bisa memberi informasi dasar terhadap masalah berat badan.

Angka dari hitungan BMI dapat menjadi acuan peringatan bahaya dan bisa melindungi seseorang dari resiko terkena penyakit kronis yang disebabkan oleh berat badan yang kurang atau berlebihan. Dengan BMI calculator kamu bisa tahu bagaimana cara untuk menghitung berat badan yang ideal yang mengacu pada kategorisasi BMI. Di bawah ini akan dijelaskan rumah untuk mengukur berat badan memakai BMI calculator.

Rumus menghitung BMI yaitu dengan membandingkan berat badan dengan tinggi badan. Caranya dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan yang satuannya meter kuadrat.

Contoh kamu mempunyai berat badan 75 kg dan tinggi badan 1,65 m atau 165cm. Maka indeks massa tubuh atau BMI kamu adalah BMI= 75 kg / (1,65×1,65) = 27,55

Kamu bisa melakukan perhitungan ini sendiri atau kamu juga bisa menggunakan BMI calculator otomatis yang telah disediakan di beberapa situs di internet.

Setelah kamu mengetahui angka yang telah ditunjukkan di calculator BMI kamu perlu mengetahui kategori BMI. Angka yang kamu peroleh dari BMI tersebut dipakai untuk mengukur kondisi berat badan yang berdasarkan pada kategori tertentu. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ada 5 kategori BMI yaitu:

  •         Di bawah 17,0 = kurus, atau kekurangan berat badan yang berat
  •         17,0 – 18,4 = kurus, kekurangan berat badan yang ringan
  •         18,5 – 25,0 = normal
  •         25,1 – 27,0 = gemuk, kelebihan berat badan dalam tingkatan yang ringan
  •         Lebih dari 27 = gemuk, kelebihan berat badan dalam tingkatan yang berat

Di Indonesia sendiri biasanya yang bisa dianggap memiliki berat badan yang ideal jika mempunyai angka BMI antara 20 sampai 22. Dan untuk para pria yang memiliki berat badan ideal jika BMInya menunjukkan angka 23 hingga 25. Semakin banyak hasil perhitungan BMI maka semakin tinggi pula orang bisa terkena obesitas. Oleh karena itu mulai saat ini coba kamu hitung BMI kamu agar bisa mengetahui berat badan kamu tersebut ideal atau tidak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *